CSCW (Computer Supported Cooperative Work)

1. Abstrak

Saat ini teknologi komputer di dunia sudah sangat berkembang. Dan kebutuhan akan informasi saat ini bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan primer di masyarakat. Di bidang Teknologi Informasi, teknologi jaringan sudah merupakan 2 hal yang mungkin bisa dibilang tidak bisa dipisahkan. 1 buah komputer (PC) bisa bekerja secara independen namun tetap berhubungan dengan komputer-komputer lain, meskipun dipisahkan jarak yang sangat jauh sekalipun. Istilah yang mungkin sangat terkenal adalah Internet. Dengan internet, komputer kita bisa terhubung dengan komputer-komputer lain di seluruh dunia, untuk transfer data dan transfer informasi. Teknologi jaringan ini disebut CSCW (Computer Supported Cooperative Work). Jadi meskipun kita terpisahkan jarak, kita tetap bisa tetap bisa melakukan transfer data seperti kita mentransfer data dengan komputer disebelah kita.

2. Introduction

CSCW atau Computer Supported Cooperative Work adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering di antara mitra yang berjauhan. hasil dari Computer Supported Cooperative Work adalah Groupware. Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.

3. Pembahasan

Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka.

Tujuan Kerja Sama

  1. Kemitraan terfokus : kerja sama antara dua pemakai yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
  2. Kuliah atau demo : Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat lain. Waktunya dijadualkan.
  3. Konferensi : Komunikasi kelompok dengan tempat dan waktu yang berbeda.
  4.  Proses kerja terstruktur : Orang yang peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan.
  5. Electronic commerce : Kerja sama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis.
  6. Rapat dan dukungan keputusan : Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan.
  7. Teledemokrasi : Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan, mencari konsensus melalui konferensi, debat, dan pemungutan suara online.

Perbedaan utama antara sistem CSCW dengan sistem interaksi individual adalah tidak dapat diabaikannya aspek sosial kelompok dari user yang tergabung. Sistem CSCW dibangun untuk memungkinkan interaksi antara user melalui komputer sehingga kebutuhan sekian banyak user tersebut harus terpenuhi dalam satu produk.

Salah satu contoh sistem CSCW ini adalah electronic mail (email). Email merupakan sistem CSCW yang bersifat asynchronous yang tidak mengharuskan user bekerja pada waktu yang bersamaan. Penerima mail tidak harus membuka suratnya pada waktu yang sama dengan terkirimnya surat. Sebaliknya sistem CSCW synchronous membutuhkan partisipasi simultan dari para usernya.

4. Hasil

Dari CSCW ini kita bisa mempermudah pekerjaan terutama bagi pekerja yang harus bekerja dalam tim namun setiap anggota tim tersebut terpisahkan oleh jarak. Teknologi ini akan membuat pekerjaan lebih efisien dan lebih cepat.

5. Penutup

5.1 Kesimpulan

Computer Supported Cooperative Work merupakan suatu hasil dari buah cipta manusia yang dapat menghubungkan sebua komputer dengan komputer lain yang ada di seluruh dunia dengan teknologi jaringan. teknologi ini pada saat diciptakan dahulu tidak sehebat sekarang yang sudah semakin canggih. Dan seiring berjalannya waktu, teknologi ini akan terus berkembang dan berkembang.

5.2 Saran

Jika saat ini mungkin kita hanya bisa terhubung dengan media komunikasi yang terbatas hanya dengan menggunakan komputer , seperti media teks (chatting), audiovisual (webcam), atau gambar (visual), mungkin dengan semakin berkembangnya zaman, alangkah baiknya jika teknologi ini bisa membuat jarak yang memisahkan menjadi tidak terasa lagi dengan benda-benda elektronik lainnya seperti lemari es, televisi, bahkan telepon seluler. Sehingga, jika kita memiliki kerabat di negara lain, kita tidak harus menyalakan komputer, namun dengan televisi atau lemari es dengan display, kita bisa berkomunikasi melalui internet.

referensi :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s