Contoh Aplikasi Manajemen Proyek dan Resiko

Di postingan kali ini kita akan membahas Contoh Aplikasi dari manajemen proyek dan resiko. pengertian dari manajemen proyek dan resiko sudah kita bahas di postingan  sebelumnya, disini saya akan mereview ulang mengenai mnajemen proyek dan resiko tersebut.

A. pengertian Manajemen

pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian:

1. manajemen sebagai suatu proses.

2. manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia

3. manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art).

Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagai mana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :

1. Encylopedia of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.

2. Haiman, manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.

3. Georçv R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.

Manajemen suatu kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut manajer. Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen. Pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari :

1. Chaster I Bernard dalam bukunya yang berjudul JTAe^Bnctíon of the Executive, bahwa manajemen yaitu seni dan ilmu, juga Henry Fajol, Alfin Brown Harold, Koontz Cyril O’donnel dan GerQge K Terry.

2. Marry Parker FoUett menyatakan bahwa manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dari devinisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu

B. Pengertian Proyek

Pengertian proyek secara umum adalah merupakan sebuah kegiatan pekerjaan yang dilaksanakan atas dasar permintaan dari seorang owner atau pemilik pekerjaan yang ingin mencapai suatu tujuan tertentu  dan dilaksanakan oleh pelaksana pekerjaan sesuai dengan keinginan daripada owner atau pemilik proyek dan spesifikasi yang ada. Dalam pelaksanaan proyek pemilik proyek dan pelaksana proyek mempunyai hak yang diterima dan kewajiban yang harus dilaksanakan sesuai dengan jangka waktu yang telah disetujui bersama antar pemilik proyek dan pelaksana proyek.

C. Pengertian Resiko

para tokoh-tokoh memberikan pendapat yang berbeda-beda mengenai resiko, antara lain :

1. Arthur Williams dan Richard, M. H. ”Resiko adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode tertentu”

2. A. Abas Salim ”Resiko adalah ketidaktentuan (uncertainty) yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian (loss)”

3. Soekarto ”Resiko adalah ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa”

4. Herman Darmawi ”Resiko adalah probabilitas suatu hasil yang berbeda dengan yang diharapkan”.

5. Prof Dr.Ir. Soemarno,M.S. ”Suatu kondisi yang timbul karena ketidakpastian dengan seluruh konsekuensi tidak menguntungkan yang mungkin terjadi disebut resiko”

6. Sri Redjeki Hartono ”Resiko adalah suatu ketidakpastian di masa yang akan datang tentang kerugian”

7. Subekti “Resiko kewajiban memikul kerugian yang disebabkan karena sutau kejadian di luar kesalahan salah satu pihak”

8. Ahli Statistik Resiko adalah derajat penyimpangan sesuatu nilai disekitar suatu posisi sentral atau di sekitar titik rata-rata.

jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen proyek dan resiko adalah koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan atas dasar permintaan dari seorang owner atau pemilik pekerjaan yang memperkirakan suatu ketidakpastian di masa yang akan datang tentang kerugian.

dari pengertian manajemen proyek dan resiko diatas, bisa kita ambil contoh di dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

1. proyek pembangunan, seperti pembangunan fasilitas-fasilitas umum

2. proyek penelitian, sebuah proyek yang bekerja meneliti sesuatu untuk mendapatkan kebenaran yang baru.

3. proyek bermodal besar, proyek yang membutuhkan modal yang jumlahnya tidak sedikit.

 

contoh -contoh diatas merupakan contoh-contoh kecil dari contoh aplikasi manajemen dan proyek, masih ada banyak lagi contoh aplikasinya, akan kita bahas lagi di postingan selanjutnya,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s