choir? why?

buat yang gatau, gw itu suka banget sama yang namanya choir (baca : kuaiyer (baca : paduan suara)) mungkin lebih tepatnya gw bukan suka ya, tapi “CINTA”. yes… yes… sangat dalam memang. kenapa sih gw bisa cinta?? biar lebih ngerti dan tau awal dari segala ceritanya, mungkin gw akan cerita dari awal ya 😀

cerita ini berawal saat gw baru aja duduk di kelas 1 SMA. saat gw masih lucu-lucunya, masih imut-imutnya, masih ngegemesin, masih kurus (ehm.. yang ini boong), masih ganteng (ehmmmm…… yang ini juga boong sih), masih polos-polosnya deh sama kehidupan SMA. suatu hari guru Kewarganegaraan (baca : KWN) gw A.K.A pembina paduan suara SMA negeri 34 Jakarta yang sangat amat gw cintai dateng seperti biasa  ke kelas gw buat ngajar mata pelajaran KWN (ya iya dong KWN, masa guru KWN ngajar olahraga??) lalu tanpa disangka dan tanpa dinyana, beliau berkata ke seluruh kelas.

“anak-anak coba deh kalian nyanyikan lagu” dengan gaya khasnya saat berbicara.

anak-anak sekelas bengong.

dengan muka heran, anak-anak sekelas langsung menyanyikan lagu yang jujur gw gatau apa judul lagu itu (kalo ga salah itu lagu yang biasa di buku-buku lagu wajib anak SD) anak-anak sekelas gw nyanyiinnya ngasal banget kayak lagi nyanyi sambil nahan BAB (baca : boker). setelah selesai menyanyi yang menurut gw kayak lagu yang biasa di puter di odong-odong itu, guru KWN gw langsung bermuka gembira binti senang, dan berkata :

“wah.. bagus ya kompak. kalian ibu rekomendasikan untuk ikut serta bernyanyi di Depdiknas ya bantuin paduan suara. soalnya butuh banyak banget penyanyi nih.”

anak-anak sekelas makin bengong dan makin heran.

ya gimana ga heran suara udah kayak anak tikus, malah disuruh nyanyi. (eh anak tikus bisa nyanyi ga sih?) dan setelah dijalani beberapa kali latian ternyata membantu paduan suara SMA 34 Jakarta A.K.A Grazia Vocalista saat itu menghasilkan beberapa keuntungan tersendiri buat kelas gw.

1. latihan buat belajar lagu-lagunya seringkali disaat jam pelajaran yang bikin ngantuk + ngebosenin + malesin. jadi bisa cabut sekelas dan cabutnya itu LEGAL saudara-saudara!!! LEGAL!!!

2. ternyata seru juga nyanyi bareng-bareng. soalnya buat gw yang bersuara bagus banget kayak albert einstein (eh dia bisa nyanyi ga sih?) jadi ketutupan soalnya kan nyanyinya ga cuman 1 orang doang.  jadi kalo jelek juga malunya bareng-bareng. WAKAKAKAKAK (ketawa setan)

di hari H nya, kita dengan sukses memberikan memberikan suara-suara kita yang kayak nyanyian neraka ke penonton yang notabene beberapa dari penonton itu adalah menteri-menteri dan saat itu hadir pula pastinya kepala depdiknas yaitu bapak Bambang Sudibyo. yah lumayan membanggakan buat gw yang ketemu menteri aja seneng banget. jangankan menteri, ngeliat pak camat aja udah girang banget gw.

nih potonya om bambang

setelah hari-hari pementasan itu lewat, ternyata gw diajakin jadi cabutan (baca : bantuin paduan suara buat ikut lomba-lomba atau ngisi Job-job, tapi ga jadi anggotanya). gw pikir seru juga, dan ternyata setelah sekian lama gw jalanin, wuih… ternyata seru banget. gatau kenapa gw bisa ngerasa klop banget di paduan suara. dan akhirnya gw masuk jadi anggota tetap di Grazia Vocalista SMA Negeri 34 Jakarta saat itu. dan sekarang gw juga ikut serta di PSM (baca : Paduan Suara Mahasiswa) Universitas Gunadarma, Swara Darmagita.

mungkin kalo ditanya kenapa, mungkin alasannya :

1. di paduan suara diutamakan banget yang namanya teamwork. soalnya andaikata di salah satu suara misalkan bass ada satu orang saja yang miss dalam menyanyikan suatu nada, maka suara bass akan terdengar kurang bagus. karena tidak akan terdengar satu suara dari beberapa orang bass itu. dan andaikata di suatu paduan suara salah satu suara seperti sopran, alto, tenor atau bass ada yang kurang bagus, maka pastilah akan dicap “kurang bagus” paduan suara itu. jadi intinya, kesalahan satu orang akan mengakibatkan rusaknya seluruh tatanan keharmonisan nada yang telah terjalin dari puluhan orang yang bernyanyi tersebut. (bahasa gw keren abis.. ckckckck) jadi secara otomatis, rasa kekeluargaan, kesatuan dan kekompakkan di suatu paduan suara amat sangat penting adanya. dan gw ngerasa seneng banget bisa jadi salah satu anggota keluarga yang begitu amat sangat disayang oleh teman satu tim paduan suara. buat gw yang ngomong aja udah pales (baca : fals) apalagi nyanyi, bisa berguna di dalam paduan suara…. BAYANGKAN SAUDARA-SAUDARA!!

2. dan entah kenapa setiap latihan, pasti gw selalu seneng banget, ga bisa berenti nyengir, padahal pelatih marah- marah melulu gara-gara gw salah nyanyiin nadanya terus. hahahaha. maaf ya bang yogi (baca : pelatih paduan suara mahasiswa gw) gw gatau apa alasan gw bisa selalu seneng, apa mungkin karena gw suka banget nyanyi? ga juga ah. apa karena hormon dopamin di otak gw terstimulasi saat gw menyanyi? hm… mungkin juga.. ato karena gw gila? itu sih udah dari dulu. ATO MUNGKIN KARENA GW GANTENG???

ehem…

jadi ngelantur kan tuh. yah pokoknya…

gw CINTA BANGET sama paduan suara!!! hidup paduan suara Indonesia!! jayalah terus!!!

nih gw kasih potonya paduan suara-paduan suara yang pernah dan sedang gw jalani :

Grazia Vocalista SMA Negeri 34 Jakarta

Grazia Vocalista Alumnus Chorale (namanya keren ya?)

Paduan Suara Mahasiswa Swara Darmagita

YES! I LOVE IT!! ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s